Skip to main content
Madu

6 Manfaat Konsumsi Sarang Madu bagi Tubuh, Nikmatnya Lumer di Mulut.

Pernah lihat selebgram atau orang-orang di media sosial melakukan mukbang? Salah satu makanan yang kini tengah hits dijadikan bahan mukbang adalah sarang madu. Sarang madu atau honeycomb tersebut dibuat oleh lebah madu.

Sarang madu sendiri terdiri atas lilin lebah yang berbentuk seperti penampang sel segi enam dan terdapat madu murni di dalam atau sekitarnya. Berbeda dengan madu kemasan yang bisa kamu beli di supermarket, madu murni dari sarang madu ini lebih kental, karena kadar air yang lebih sedikit.

Mengonsumsi sarang madu ternyata memiliki banyak manfaat, lho. Berikut IDN Times rangkum beberapa manfaat yang didapat tubuh ketika mengonsumsi sarang madu dengan porsi yang tepat.

1. Mempercepat penyembuhan luka

Madu yang ditemukan pada sarang lebah merupakan madu murni. Madu tersebut kaya akan vitamin dan mineral yang berguna untuk perbaikan sel maupun penyembuhan luka.

Infeksi akibat bakteri pada jaringan yang rusak juga dapat diatasi dengan mengonsumsi sarang madu. Hal tersebut bisa diatasi karena adanya zat anti-mikroba alami yang dikandungnya.

2. Menurunkan kolesterol jahat

Madu merupakan salah satu sumber lemak tak jenuh. Jurnal Experimental Biology and Medicine pada Maret 2004 mengungkapkan kandungan di dalam sarang madu bisa membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik tubuh.

3. Melindungi fungsi hati

Madu murni pada sarang madu mengandung banyak antioksidan yang berguna bagi tubuh manusia. Salah satu manfaat antioksidan tersebut untuk melindungi organ hati manusia.
Sebuah penelitian yang diterbitkan Korean Journal of Internal Medicine edisi Juli 2013, menemukan manfaat baik bagi tubuh. Hasilnya ditemukan campuran alkohol dan sarang madu dapat menormalkan fungsi hati, serta memperbaiki gejala penyakit hati manusia.

4. Membantu proses metabolisme glukosa

Tubuh manusia normalnya membutuhkan glukosa untuk menghasilkan energi. Ternyata adanya kandungan alkohol lilin pada sarang lebah dapat meningkatkan metabolisme glukosa sehat dalam tubuh manusia. Kamu cukup mengonsumsi sarang madu untuk mengembalikan energimu lagi.

5. Menjaga kesehatan mulut

Selain berbagai manfaat bagi organ tubuh manusia, sarang madu juga bisa membantu menjaga kesehatan mulutmu lho! Terdapat antibakteri pada sarang madu yang bisa membersihkan dan menyembuhkan infeksi gigi maupun gusi. Getah madu yang ada dalam sarang madu juga bisa menghilangkan plak pada gigi, sekaligus memperkuat gusimu.

6. Mengobati peradangan akibat bakteri atau virus

Berbagai macam vitamin, mineral, dan protein dalam sarang madu dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Tak hanya itu, peradangan akibat bakteri maupun virus juga bisa diatasi dengan mengonsumsi sarang madu. Kandungan bioflavonoidnya berfungsi membunuh jamur, bakteri, atau virus dalam tubuh.

Selain rasanya yang manis dan teksturnya yang renyah saat dikunyah, sarang madu benar-benar kaya manfaat bagi tubuh manusia. Nah, kamu sendiri sudah pernah mengonsumsinya, belum?

Jual Sarang Madu Murni Tanpa Campuran. Berminat ? Hubungi 08125304556

Sumber