Skip to main content
e-ktp

Bontang Terima 2000 Keping Blangko E-KTP

PROKAL.CO, BONTANG – Meski 1500 blangko KTP-el yang sebelumnya sudah dikirim dari provinsi dan hingga kini belum habis, namun kabar baiknya Diskucapil Bontang bakal kembali mendapat “suntikan” blangko dari Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Provinsi Kaltim sebanyak 2.000 keping. Hal ini disampaikan Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Diskucapil Bontang Eka Dedy Anshariddin.

Dikatakan Eka Deddy, pada dasarnya saat ini blangko sudah ada di provinsi, hanya tinggal dijemput saja. Dalam waktu dekat, pihaknya pun menjadwalkan akan mengambil 2.000 blangko tersebut. Meski demikian, adanya tambahan blangko ini tidak terlalu berdampak signifikan pada daftar antrean panjang KTP-el di Kota Taman. Pasalnya, jumlah warga yang wajib KTP juga terus bertambah.

“Daftar tunggunya masih dikisaran angka delapan ribu,” kata Eka Dedy kepada Bontang Post, (3/10) kemarin.

Terkait pelayanan, Eka Deddy mengaku hingga kini belum ada mekanisme perubahan pelayanan KTP-el. Pihaknya masih akan tetap melayani setiap pemohon yang mengajukan perubahan elemen data data seperti perubahan alamat maupun perubahan status, ataupun kerusakan fisik KTP-el. Dengan syarat, data warga tersebut sudah terverifikasi dari Ditjen Dukcapil Kemendagri. Selama data tersebut belum terverifikasi, maka Diskucapil Bontang belum bisa memprosesnya.

“Bagi yang hanya ingin mengganti masa berlakunya menjadi seumur hidup, untuk sementara tidak bisa kami layani. Karena keterbatasan blangko kami,” tambah Eka Deddy.

Dia kembali menegaskan, berdasarkan Surat Edaran Nomor 470/295/SJ , KTP-el kini berlaku semumur hidup. Sehingga masyarakat tak perlu khawatir jika di KTP nya masih belum bertuliskan seumur hidup.

“Terkadang masih ada masyarakat yang takut ataupun khawatir. Padahal kami sudah ingatkan berkali-kali Surat edarannya pun juga sudah kami sebar,” tukasnya. (bbg)

Sumber Berita