Skip to main content
SD

Gelontorkan Rp10 Miliar, Dua SD di Lok Tuan Bakal Dibangun

KLIKBONTANG.com -- Prasana pendidikan di tingkat Sekolah Dasar (SD) di Kota Bontang masih minim. Mengulik Data dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bontang, di tingkat SD masih kekurangan ruangan sebanyak 121 kelas.

Kepala Bidang, Pendidikan Dasar Disdikbud, Usman menjelaskan kebutuhan ruang kelas di tingkat SD dianggap mendesak. Butuh sekira Rp 42 miliar untuk memenuhi kebutuhan kelas di sekolah dasar. Namun, akibat keterbatasan lahan, pihaknya harus memprioritaskan sekolah yang benar-benar mendesak kebutuhannya.

Tahun ini, Pemkot Bontang telah menganggarkan Rp 10 miliar lebih untuk pembangunan dua sekolah. Yakni SDN 009 Bontang Utara dan SDN 010 Bontang Utara. Masing-masing sekolah akan didirikan 8 ruang kelas, empat di lantai satu dan sisanya di lantai 2.

SDN 009 Bontang Utara dianggap prioritas. Imbas dari kekurangan kelas, para murid harus bersekolah dengan dua hingga tiga sesi pembelajaran. Tak hanya itu, sekolah dasar di Kelurahan Lok Tuan ini menempati bangunan bersama-sama dengan SD 004 Bontang Utara.

Pihak sekolah harus menggelar tiga sesi jadwal, mulai pukul 07.00 pagi hingga petang. Langkah ini dilakukan akibat keterbatasan infrastruktur ruangan kelas.

"Kalau jam 09.00 Wita para murid di sesi kedua sudah menunggu di depan kelas untuk giliran pakai ruangan. Jadi yang di dalam juga merasa tidak nyaman mau keluar kelas," jelas Usman.

Lokasinya pun sudah ditetapkan dekat Rusunawa Lok tuan, sekarang tahapannya masih persiapan untuk lelang. Pihaknya pun selalu arahkan pembangunan sekolah agar dua lantai mengingat keterbatasan lahan.

Dia menambahkan secara bertahap Disdik berupaya agar seluruh sekolah hanya menggelar 1 sesi saja. Jadi tak ada lagi murid-murid yang bersekolah siang hingga petang. ***

Reporter : Said NR    Editor : KLIKGROUP

Sumber