Skip to main content
Halal

Halal Bi Halal 1438 H RT-08

Halal bi halal merupakan salah satu tradisi masyarakat Muslim Indonesia setelah menjalankan ibadah ramadhan. Tujuan dari tradisi ini antara lain sebagai sarana bertemu dengan sesama saudara muslim untuk saling memaafkan serta sebagai ajang silaturahmi  karena pada kesempatan tersebut banyak masyarakat meluangkan waktu untuk bisa bertemu dengan sanak saudara. Tidak ketinggalan dengan tradisi tersebut warga RT-08 Kelurahan Belimbing juga mengadakan Halal bi Halal 1438 H yang diselenggarakan pada Sabtu, 15 Agustus 2017 jam 07 pagi bertempat dikediaman bapak Paimun. Suasana keakraban segera menyeruak ketika antar warga saling bertemu, menanyakan khabar dan keadaan masing-masing dan hal-hal ringan segera menjadi topik pembicaraan.

Dalam sambutannya Ketua RT-08 bapak Sutiman menyampaikan beberapa hal diantaranya menghimbau agar warga senantiasa tetap menjalin keakraban sesama warga, menjaga ketertiban, keamaman serta kebersihan lingkungan di wilayah RT-08. Disamping itu informasi yang disampaikan  terkait program pemerintah yaitu pemutihan sertifikat tanah dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Pemutihan berlaku untuk sertifikasi pertama kali (dari segel dan PPAT ke sertifikat), tidak termasuk balik nama, dan bukan peningkatan status dari HGB ke SHM
  2. Biaya yg masih tetap dibebankan adalah: biaya materai 6000× 6 lembar, pemasangan patok, serta PPHTB Pajak penghasilan atas perolehan atau penjualan tanah dan atau bangunan oleh OP atau Badan (dengan nilai perolehan tanah di atas 60 juta).
  3. PPHTB = 5% ( NJOP - 60.000.000 )
  4. Syarat masing-masing rangkap-3 
    a. Foto copy suratanah lengkap
    b. Foto copy KTP
    c. Foto copy KK
    d. Foto copy PBB 1 tahun terakhir (bisa menyusul setelah surat jadi)
  5. Mengisi form yg disediakan di Kelurahan
  6. Ketua RT bisa membantu mengumpulkan persyaratan tersebut, untuk tanah yg berada diwilayahnya. Jika tanah milik warga ada yg berada di lokasi Kelurahan lain silahkan di kumpulkan ke Kelurahan yang dituju.
  7. Disetiap Kelurahan akan dibuat posko untuk membantu pemutihan.
  8. Pastikan tanah yang akan disertifikasi bukan tanah APL atau masih sengketa
halal

Dalam sambutan berikutnya Ketua RT-08 menyampaikan terimakasih kepada warga yang telah menghadiri dan membantu dalam pelaksanaan halal bi halal yang dilakukan rutin setiap tahun ini. Sebelum acara inti dilakukan yaitu saling maaf memaafkan sesama warga RT-08 terlebih dahulu dipanjatkan do'a yang dipimpin oleh bapak Suwito.

Disela-sela kegiatan halal bi halal , untuk tetap menjaga rasa cinta tanah air serta berkomitmen untuk tetap menjaga kesatuan dan persatuan NKRI dikumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dipimpin oleh bapak Paimun. Dengan suara yang menggema lagu Indonesia Raya dikumandangkan dengan khidmat oleh warga RT-08 yang hadir. Semoga NKRI tetap kokoh.

Diakhir acara warga menikmati hidangan yang telah disediakan oleh panitia. Semoga kebersamaan dalam acara halal bi halal ini dapat tetap dilanjutkan dimasa-masa selanjutnya (*/sto)