Skip to main content
UP2K

HEBAT!!! UP2K Belimbing Masuk Lima Besar Nasional

PROKAL.CO, BONTANG – Kelurahan Belimbing patut berbangga. Salahsatu Kelompok Pelaksana (Poklak) Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) Belimbing mewakili Kaltim dalam Lomba Administrasi UP2K tingkat nasional. Bahkan Rabu (5/10) lalu, tim penilai dari Jakarta sudah berkunjung ke Bontang untuk melakukan penilaian.

Lurah Belimbing, Muhammad Ihsan mengatakan, Bontang menjadi satu di antara lima kota yang masuk nominasi secara nasional. Bontang juga bersaing dengan lima kabupaten yang juga masuk dalam nominasi.

Poklak Gus Faqih yang mewakili Bontang dan Kaltim, kata Ihsan memang langganan juara sejak 2013. “Waktu itu kita lombakan ditingkat kelurahan dia juara pertama, di 2014 juara pertama tingkat kota, di 2015 juara pertama tingkat provinsi. Tahun ini baru mewakili ke tingkat nasional,” kata Ihsan ditemui di ruangannya, Kamis (6/10).

Poklak Gus Faqih, lanjut Ihsan punya berbagai keunggulan yang membuatnya pantas melenggang ke ajang nasional. Seperti unggul dalam administrasi, kerjasama antar masyarakat yang melibatkan masyarakat menengah kebawah, serta kreatifitas poklak tersebut. “Mereka juga inovatif. Ikan Bawis yang kecil-kecil itu, dimanfaatkan untuk jadi cemilan. Ini kan tidak pernah terpikirkan, jadi peluang tersendiri buat mereka,” tambah Ihsan.

Ia berujar, meski ada atau tidak adanya lomba, yang terpenting yakni bagaimana bisa merangsang peningkatkan pendapatan keluarga dari kegiatan tersebut. Mulai dari pelatihan, pendampingan, hingga kerjasama dengan perusahaan serta Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Disperindagkop) terus dilakukan. “Lomba itu hanya sebagai indikator usaha selama ini. Kami berharap bisa memberikan prestasi terbaik untuk Bontang dan Kaltim,” ucapnya.

Sementara Rodliyah, pemilik usaha dari Poklak Gus Faqih bersyukur bisa mewakili Bontang dan Kaltim ke ajang nasional. Usahanya yang kini memiliki dua outlet di depan Bontang Plaza dan depan Hotel Grand Raodah ini berharap bisa memberikan yang terbaik dalam lomba ini. “Kami berupaya sekuat mungkin, mohon doa seluruh masyarakat Kaltim khususnya Bontang,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Jika Poklak Gus Faqih menjadi juara, hadiah rencananya diserahkan dalam acara PKK Nasional di Nusa Tenggara Barat. (*/zul)

Sumber