Skip to main content
Selayang-1

 

Selayang-2

 

Be-Smart merupakan akronim dari Belimbing Smart, nama yang diberikan kepada Kelompok Informasi Masyarakat Kelurahan Belimbing, yang didirikan pada tanggal 7 September 2017, berdasarkan hasil rapat pembentukan Kelompok Informasi Masyakarat di Kelurahan Belimbing, dibawah binaan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bontang, serta dihadiri oleh seluruh elemen masyarakat Kelurahan Belimbing (Ketua RT, Tim Penggerak PKK Kelurahan Belimbing, Karang Taruna, dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Belimbing).

Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Camat Bontang Barat Nomor 22 Tahun 2017 tentang “Pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat Belimbing Smart (Be-Smart) Periode 2017 s.d. 2020”, dibentuklah Struktur Organisasi Be-Smart yang terdiri atas 3 (tiga) bidang, yaitu : Bidang Organisasi dan Peningkatan SDM, Bidang Pelayanan dan Diseminasi Informasi serta Bidang Pengembangan Usaha dan Ekonomi Produktif. 

Berdasarkan Surat Keputusan tersebut, Be-Smart memiliki tugas sebagai berikut:

  1. Menjadi mediator, fasilitator dan katalisator antara masyarakat dengan masyarakat dan masyarakat dengan pemerintah;
  2. Membuat program dan data yang jelas sebagai akses informasi, oleh dan untuk masyarakat secara berkala disesuaikan dengan potensi kelurahan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat;
  3. Mencari, mengelola, menjembatani dan menyebarluaskan informasi dari, oleh dan untuk masyarakat;
  4. Meningkatkan wawasan, pengembangan dan pemerataan kualitas sumber daya manusia di tingkat kelurahan melalui bidang informasi; 
  5. Mengadakan konsultasi dan koordinasi dengan perangkat daerah terkait, serta menjalin kerjasama dengan mitra kerja organisasi kemasyarakatan kota lainnya.